Asyiknya Mudik ketemu EMak

THR kutrima, aku mau pulang mudik ke kampung halaman
Untuk rayakan hari Lebaran bersama sanak famili.
Koper tlah terisi, semua kukemasi, terbungkus begitu rapi
Sekodi celana, sepasang kaos kaki juga sepati kelinci.
Satu pak sigaret tambah kaos singlet bukan untuk alat pelet
Tuk calon mertua agar dia bangga aku sukses di kota.
timbul pro dan kontra dalam jiwa raga, naik bis atau kereta.
Kuputuskan saja, sewa mobil rental walau tak siap mental.
Syik asyik aasyik, ya emang mudik
nak enak enak, ketemu emak
asyiknya mudik ketemu emak
MAAAAK....AKU PULANG ..MAAAAK

itu lirik lagu yang ane nyanyikan di dalam kamar mandi kost ane yang pintunya bertuliskan (mandi Rp. 2000, kencing Rp. 500, BAB RP. 1000, dan Onani Rp. 5000), beberapa tahun lalu saat mau mudik. Meski bertulis RP. 1000, kalo BAB, bayarnya Rp 1500. ya sebab klo BAB pasti kencing juga.
   Maklum perantauan di kota tetangga. Kota tempat si Dewi Persik dilahirkan oleh emaknya yaitu Jember. Sedangkan kota tempat tinggal ane adalah GREATHELP CITY alias Tulungagung.
    Yah mudik merupakan moment yang sangat dinanti-nanti, bagi penduduk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sedang merantau di luar jauh dari kampung halamannya. Termasuk ane yang merantau di Jember sebagai mahasiswa. Yah sebagai mahasiswa Kedokteran, bisa pulang kampung yang jauh merupakan suatu mukzizat, sebab kalo sudah ko-ass alias dokter muda, bener-bener sibuk. Nah waktu itu ada kesempatan libur seminggu, jadi bisa mudik deh.
Waktu itu, ane mudik naik angkutan umum. awalnya sih ane grogi juga, sebab ane orangnya kagak umum, jadi khawatir apa bisa keangkut juga yah. Yah demi sungkem cium tangan emak yang bau petis, sungguh terasa harum bagi ane, sebab beliau bikinkan Rujak Petis kesukaan ane. Pas di dalam bus, nampak nenek yang duduk disebarang ane. wajahnya nampak pucat bak rembulan kesurupan juga gelisah. Lalu ane samperin dah
Ane: "Mbah kenging nopo koq pucat, sakit ta mbah? (Nek kenapa koq nampak pucat, sakitkah nek?? tanya ane selidik.
Nenek: "yo le, wetengku muneg-muneg, kate mutah, tapi gak iso-iso" (iya nak, perutku mual, mau muntah, tapi gak bisa-bisa"), terangnya
Ane: "niki lho mbah, kulo gadhah plastik kresek, buat muntah" (ini lho mbah, saya punya plastik kresek buat wadah muntahannya"), tawar ane sa,bil sodorin plastiknya.
Nenek: "Suwun le, simbah yo wes nduwe ki, tapi tetep ra iso mutah" (makasih nak, nenek juga dah punya, tapi tetap susah muntah"), tolak si nenek
Ane: "oh nggih pun, niki kulo nggih gadhah obat antimuntah, monggo" (oh ya udah, ini saya juga punya)" , ane tawarin obat.
Nenek: "suwun Le" (makasih nak).
Ane pun tersenyum
tak selang bebrapa menit kemudian, si nenek makin gelisah, lalu dia panggil ane lagi.
Nenek: "le" sambil nepuk pundak ane
Ane: "nggih mbah wonten nopo? (ya nek, ada apa?)
Nenek: "ndelok raimu sedela wae le!" (lihat wajahmu sebentar, nak!), pintanya
lalu si nenek mandangin wajah ane secara seksama dan dalam tempo sesingkat singkatnya.
Ane: "wonten nopo mbah? nopo nate kepanggih kalih kulo? (ada apa nek? apa pernah bertemu dengan saya sebelumnya?)", ane penasaran.
Nenek:"nggak Le, cuman nyilih raimu, ben iso ndang mutah" (bukan nak, cuman pinjam liat wajahmu saja, biar nenek bisa lekas muntah)", jelasnya polos.
"Busyeeeeet",  ane terperanjat hingga mengeluarkan ilmu Ginkang seperti Thio Bu Kie.
Memang wajah ane sangat fenomenal, tampang Charlie sheen berpadu Charlis Chaplin. Meski begitu tetep ane syukurin. Bahkan pernah ane ditawarin iklan Bedak, awalnya ane mau terima, tetapi akhirnya ane tolak. sebab ambil shooting iklannya di Ujung Kulon.
 "Kok jauh lokasinya", tanya ane pada agen perusahaannya.
 "Iya mas, nih sesuai habitatnya", jelasnya sambil milin kumisnya kaya jagang vespa.
  " Lho ini bedak merk apa pak?", tanya ane 
" Bedak Bercula Satu!!!" , jawabnya polos.
Wadaw, kulit ane wajah ane, kulit badak.

Saran ane, jika para reader ini mudik, pilihlah jalur yang aman. Jalur alternatif juga bisa dipertimbangkan, seperti jalur akupuntur atau jalur pijat refleksi (hoi...... ini bukan pengobatan alternatif). dan yang paling penting jangan pernah masuk lewat jalan buntu.


10 comments: